Kamis, 11 Februari 2021

Pair of jumbo size German Jugendstil Figural Electric Lamp with 6 original matching shade... ca. 1900s original pair... The Twin.


Sepasang lampu yang super duper langka dan luar biasa indah ini kami dapatkan dari kerabat kami di Jawa Tengah yang juga merupakan kerabat inti Ndalem.



Tanpa banyak berbicara kami menjelaskan asal usul patung sepasang jumbo ini dari design dan penggunaannya.



Lampu patung ini dahulu diletakkan disamping kanan dan kiri pintu masuk salah satu pendopo di Jawa Tengah dan memang sangat terkenal dengan design sulur-sulurnya yang melambangkan kesuburan dan kemakmuran.



Pada masanya, di era 1900-1910 Solo merupakan kota termaju dan terkaya di Indonesia dengan saluran listrik yang sudah tersedia dengan baik terutama bagi sang penguasa Nagari Soerakarta Hadiningrat.



Beliau bahkan mengundang berbagai seniman terbaik dunia untuk mendesign patung-patung lampu di pendopo-pendopo Ndaleman tanpa memandang ongkos dan biayanya.



Perbedaan pada sulurnya adalah batang pohonnya biasanya berurat-urat dan terbungkus timah dan sangat berseni berbeda dengan yang model pipa polosan.



Bisa mendapatkan patung ukuran ini sepasang dan utuh mulus kami sungguh bersyukur dan berbahagia.



Tinggi patung ini sekitar 130-135cm total dan dibuat oleh Paul Aichelle seniman Jugendstil Art Nouveau era 1900 an di German dan meski kami pernah punya 1 lagi ukuran dan detailnya ternyata berbeda ini lebih besar dan kembar.



Bagi yang paham sejarah jenis patung seperti ini memang amat sangat langka dan sudah tidak mungkin bisa keluar lagi saat ini.



Kami beruntung berhasil mengeluarkan beberapa unit diluar pasangan ini yang akan kami simpan beberapa di kediaman kami yang sederhana di Malang.


SOLD...!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman