Sabtu, 11 April 2020

Sofa / dampar Kompeni Soerakartan 18th century original piece Prodo Gincu full original (extremely important history pieces)


Salah satu koleksi kami yang kami akuisisi baru2 ini dan memang kami akuisisi untuk koleksi pribadi kami sendiri.


Dampar ini merupakan salah satu saksi bisu sejarah dan merupakan salah satu important historical pieces pada saat perang Jawa.


Sempat diakuisisi salah satu kerabat kami yang juga paham tentang barang ini dan hanya dirawat dan dilestarikan selama puluhan tahun ini.



Warna Prodo Gincu nya full original tanpa tusiran dan tanpa ulangan sama sekali dan itu amatlah sangat langka untuk usia nya yang lebih dari 200th.


Sofa ini terbuat dari bahan kayu jati tua utuh yang meski tampilan nya sederhana namun memiliki art khusus dan perlu pengerjaan yang luar biasa rumit.


Perlu diketahui bahwa pada saat dibuatnya sofa ini belum tersedia peralatan2 canggih untuk menghaluskan kayu namun garap pada sofa ini sudah second to none...


Keempat kaki pada sofa ini adalah kaki macan dengan bola dunia dan sangat jarang dijumpai saat ini.


Wajar saja kalau garap sofa ini istimewa karena memang dibuat untuk orang no 1 di Jawa pada jaman itu era 1780 an.


Terlihat dari usia dan keutuhan nya, dampar ini diletakkan di salah satu property Ndalem yang jarang sekali dipakai dan hanya untuk pertemuan2 penting 4 mata saja kemungkinan nya.


Dengan ukuran, design, garap dan keutuhan nya sofa ini tergolong super duper langka dan istimewa dan memang tidak akan kami perjual belikan dan merupakan bagian dari Important Historical Pieces of Kasunanan Soerakarta.


Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman