Rabu, 04 Desember 2019

Original Victorian period Venetian Style Mirror (Old Import for Imperial Family of Java) ca. 1850s period


Sebuah penemuan yang luar biasa dari hasil perjalanan kami terakhir ke Jawa Tengah.


Sepasang cermin Venetian Style Mirror yang original tua dan sempurna sepasang murni.


Cermin2 ini di Jawa Tengah disebut cermin priyayi dan memang pada masa itu hanya diperuntukkan bagi para putri2 ketika menikah keluar dari Kraton.


Cermin2 ini banyak sekali direpro saat ini mulai sejak tahun 80 90an karena kelangkaan nya dan yang asli dan utuh mungkin sudah 100% punah.


Perbedaan pada cermin baru dan tua dapat dilihat dari 1. Warna kaca nya yang kekuningan kalo tua dan kehijau biruan kalo baru 2. Proses perekatan nya pada bingkai menggunakan sekrup dan cermin dibor untuk dipasangkan ke frame kayu nya sedangkan yang baru menggunakan lem 


3. Kayu nya kalo yang asli biasanya kayu oak/ eiken houten karena jenis cermin2 ini dahulu import dari Eropa dan bukan Jati seperti yang Stw atau Baru 4. Bekas patina cermin berupa flek hitam yang pasti ada untuk cermin yang berusia diatas 100th dan hal itu disebabkan karena bahan cermin lama yang berbeda dengan cermin baru ( menggunakan kertas pada bagian belakang nya) 


Kelangkaan cermin2 ini membuat para pengrajin di Solo berebut membuat repronya namun selama 10th terakhir kami hanya berhasil mendapatkan 2 pasang (4 piece) dari kawan kami di Solo yang menemukan nya di sebuah bangunan tua yang mau dibongkar.


Ukuran cermin ini tidak besar, hanya tinggi 97cm dengan lebar 60cm namun sebagai perangkat wajib dan sebagai status symbol asli dari keluarga priyayi di Jawa pada masa itu.

Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman