Sabtu, 05 Oktober 2019

Sepasang cermin Kompeni Bentengan Kayu Ambon Sutra ukuran Jumbo full original ca. 1780 -1800 period


Mendapatkan cermin yang luar biasa indah ini sungguh membuat hati kami bahagia.


Sepasang cermin ini awalnya sempat kami ragukan karena kemulusan nya dan masih original sepasang... namun ketika kami terima dan kami cek sungguh luar biasa original patina nya.


Kayu bahan frame cermin Kompeni ini adalah kayu Ambon Sutra sedangkan blabag belakang nya otomatis adalah kayu jati tua.


Apapun barang kompeni kelas wahid pasti bahan nya ambon sutra dan demikan juga dengan cermin ini.


Ukiran nya sungguh luar biasa halus dan super unique... dan tidak ada sedikitpun ujung ukiran yang kasar atau tajam. Semua nya full halus dan mulus (artinya dalam pengerjaan nya ke 2 sisi ukiran kayu dihaluskan dan memakan waktu yang luar biasa lama untuk pengerjaan nya)


Selain itu ukiran nya pun dalam dan lembut lembut padahal ukuran cermin ini yang sangat besar tapi detail garap nya sungguh istimewa.


Cermin ini diakuisisi puluhan tahun silam oleh kerabat kami di Solo dari sebuah bangunan tua ex. VOC yang saat ini jadi bangunan cagar budaya dan kami telisik memiliki hubungan yang erat dengan Loji Gandrung dan Benteng Vastenburg (benteng VOC di Solo)


Kehebatan cermin ini adalah meski kayu nya tipis, 1.5cm namun lentur karena Ambon Sutra dan tidak melengkung seperti jati. Dan pada prodo an nya semua masih tergolong istimewa dan utuh. 


Kondisi ke 2 kaca sudah pernah diganti... wajar... namun seluruh bagian lain nya masih utuh dan full original.


Rencana nya cermin ini akan kami gunakan sendiri di kediaman kami di Malang karena kelangkaan nya yang kami jamin 30th lagi kami beri waktu tidak akan ada kembaran nya lagi... 


One of the best pair there is... 

Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman