Senin, 15 Juli 2019

Set meja kerja Kompeni VOC Ambon Sutra 1 papan rangka Ebony ca. 1670s period... original World Heritage...


Sebuah meja kerja dengan sejuta kenangan... dan dengan usia original 350th...


Ketika kita berbicara tentang antik premium biasanya kami menerapkan standard 90th usia nya untuk sebuah barang untuk bisa dikatakan antik. Namun ketika kita berbicara barang original usia 350th dan museum piece maka kami lebih berhati2 dalam membahas nya.


Meja set kursi ini kami temukan dalan perjalanan kami beberapa waktu silam dan dalam kondisi tergeletak di dalam sebuah gudang.


Sekali pandang kami paham betul barang ini... dan beberapa kawan nya dapat kita lihat dengan baik sampai saat ini di Museum Fatahillah Jakarta dengan motif garap bahan dan usia yang sama dengan meja ini.


Untuk membahas barang kompeni, wajib hukum nya masuk dalam pakem kompeni VOC 1650-1800... dan bukan setelah nya.


Meja style ini merupakan original style Portuguese dengan bahan baku yang super langka saat ini. Papan Ambon Sutra nya berukuran 160 x 85 x 2.5cm utuh 1 papan.


Rangka bawah nya keseluruhan menggunakan bahan kayu Maccasar Ebony wood yang merupakan kayu hitam yang sudah terancam punah saat ini dan tidak boleh diperdagangkan dalam bentuk bahan baku. Kalau pun bentuk jadi per meter kubik nya 35jt rupiah. 


Bentuk plintiran meja ini jauh berbeda dengan plintiran ala Van der poll bandung an yang kaku... apalagi dengan serat ebony wood yang sangat exotic.


Kursi nya termakan usia sehingga plitur nya habis... namun detail ukiran nya luar biasa indah dan akan kami buat review nya dalam before dan after.


Kursi yang menggunakan logo VOC ini juga ada dalam sebuah lukisan di Belanda tertanda tahun 1680 di Museum Belanda.


Dari bahan, garap, usia, keutuhan, dan segala macam nya set meja ini sanggup untuk memukau siapa pun yang paham barang top... 


One of the best set ever... 

SOLD...

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman