Selasa, 21 Agustus 2018

Set meja kursi Raffles original Import Kraton Soerakarta ca. 1910s period Sonokeling wood


Salah satu set meja kursi yang baru saja kami dapatkan dari seorang kerabat sentono ndalem yang akan berpindah rumah dan melepas beberapa koleksi dari beliau.


Set ini didapatkan beliau ketika orang tua beliau menikah dan keluar dari Kraton sekitar tahun 50 silam.


Dan setelah menjadi pusaka dan milik keluarga tersebut selama hampir 70th kami berhasil mengakuisisi nya dan memindahkan nya ke kediaman kami di Malang.


Set ini merupakan original import bukan garap ndaleman. Dan pada saat itu memang Sinuhun PB X mengimport banyak sekali furniture terbaik dari seluruh penjuru Dunia terutama Inggris, Belanda, Perancis, dan Ottoman empire.


Sebagai sebuah kerajaan yang berdaulat dan sangat kaya Soerakarta memang banyak sekali mengimport barang2 terbaik dari Eropa. Termasuk set ini.


Beda daripada garap luar dan garap dalam jauh sekali, antara lain penggunaan pasak bambu tidak ada pada import furniture dan menggunakan sekrup baja, seluruh garapan nya presisi berbeda dengan garap lokal yang menggunakan full handmade kalo import pasti semi mesin dan full presisi.


Meja daripada set ini keseluruhan nya terbuat dari kayu sonokeling yang memang dianggap jauh lebih mahal dan indah dibanding jati dan juga merupakan buatan Eropa. 


Marmer diameter 80cm utuh mulus tanpa cela wajar karena barang priyayi sepuh dan jok kain beludru original tua nya yang masih utuh dan sedang kami cuci. Hanya karet bagian bawah sudah jebol dan wajar karena usia nya sudah sepuh sekali.


Terdapat foto tua dokumentasi keabsahan kursi ini ketika jamuan makan yang diadakan Sinuhun PB X dan Pemerintah Hindia Belanda. Foto kami lampirkan untuk dokumentasi purposes only!!!


Set ini akan kami simpan di kediaman kami sendiri yang sederhana di Malang. 

Strictly Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman