Minggu, 06 Mei 2018

Anglo Irish Diamond cut Crystal Compote in 100% perfect condition ca. Late 18th century


Mengkoleksi kristal Kompeni ini memang sungguh merupakan sebuah hobby yang tak kunjung habis. Karena sejak jaman dahulu jenis kristal ini memang sudah langka dan nyaris punah. Apalagi sekarang ini...


Tempat buah ini kami temukan secara tidak sengaja di dalam lemari di sebuah gudang di Jawa Tengah yang langsung kami akuisisi tanpa banyak bicara.


Jenis kristal ini memang jaman dahulu dipanggil kristal Kompeni karena dibawa masuk oleh VOC sebagai barang komoditas dagang yang sangat valueable pada masa itu di era 1780an dan mereka mendapatkan nya dari England yang memproduksi nya secara luar biasa dan pada saat itu terbaik di dunia.


Ciri khas dari kristal ini adalah full cutting tajam, tidak ada permukaan yang tidak dicutting dan semua nya hand cut menggunakan diamond cutter belum menggunakan wheelcut yang baru ditemukan di pertengahan abad ke 19. 


Bahkan sampai bagian dasar kristal ini pun penuh cuttingan itu yang tidak masuk akal, jenis kristal ini berat, kekuningan (karena kandungan Lead yang tinggi) dan bunyi dentingan nya panjang dan nyaring.


Sungguh merupakan barang koleksi yang luar biasa langka nya dan tetap akan kami kumpulkan perlahan lahan di lemari kami.


Tinggi 12.5cm dan diameter 20cm 

Private collection only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman