Rabu, 15 November 2017

Old Solid Silver Brahma Sculpture Majapahit Kingdom ca. 13-14 cent AD



Salah satu penemuan yang luar biasa berhasil kami akuisisi dari seorang kawan baik kami di Malang dan merupakan temuan asli Malang sekitar sebulan kemarin langsung dari lokasi.

Tak perlu banyak bicara untuk menjelaskan keindahan dan kedetailan patung Hindu ini yang kemungkinan besar menyimbolkan Dewa Brahma salah satu dewa tertinggi dalam ajaran Hindu.
Patung ini memiliki keluwesan dan detail ngrawit yang luar biasa beserta bahan nya yang terbuat dari perak namun ketika kami tes mengandung unsur emas didalam nya dan hal itu memang wajar untuk perak Jawa di era Majapahit karena jumlah perak di jaman Majapahit perak jauh lebih sedikit daipada emas karena di Jawa belum ditemukan tambang perak pada saat itu. Menurut literature buku yang kami baca dari beberapa sumber yang dapat dipertanggung jawabkan.

Patina pada patung ini sudah matang dan memang kami cuci menggunakan pasta gigi dan sikat gigi tidak menggunakan bahan kimia yang lain. 

Terdapat 3 lubang kecil pada bagian dasar patung karena faktor korosi namun hal itu adalah sangat wajar mengingat usia nya yang sudah lebih dari 500th.

Dengan ukuran tinggi 8cm dan keutuhan yang 95% patung ini kami koleksi sendiri untuk kami lestarikan karena memang kami seorang pelestari kebudayaan Jawa kuno. 

Strictly Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman