Kamis, 09 November 2017

Joli Jempono Prodo Gincu Javanese Kompeni Imperial Heritage Mid 19th century



Salah satu koleksi terbaru yang kami dapatkan dengan sudah payah dan perlu waktu hampir 6 bulan untuk mendapatkan barang ini secara utuh.

 

Kami temukan setengah tahun silam di kediaman salah satu sentono di daerah Jawa Tengah, joli ini terdampar di gudang dan dalam kondisi yang terbengkalai... 


Pertama kami melihat atap nya dan kami berpikir bahwa itu adalah atap kremun... namun setelah proses pencarian lebih lanjut ternyata bukan kremun melainkan sebuah Joli Jempono berukuran kecil untuk perorangan dan kami sungguh merasa bahagia dapat melestarikan nya di Galery kami di Malang.


Kondisi joli ini memang kurang lebih 80% karena faktor usia nya yang betul2 uzur dan beberapa bagian kayu rangka nya telah kami ganti karena sudah tidak dapat dipergunakan lagi alias sudah lapuk termakan kelembapan udara. 




Pada pakem Old Indonesian Imperial Family ada 3 jenis tandu Kremun adalah jenis tandu kecil untuk tempat pusaka, Joli Alit adalah tandu kecil untuk tumpeng di malam 21 yang biasanya diantarkan ke Masjid Agung dan yang terbesar adalah Joli Jempono yang merupakan tandu para Putri dan Prameswari Ndaleman di era lampau.

Tandu pengantin pun disebut Joli Jempono namun dengan ukuran yang panjang untuk 3 orang pengantin wanita dan 2 pengapit, serta joli jempono ukuran besar yang dipergunakan permaisuri ndaleman untuk berpergian.


Tandu ini memiliki garap super luwes dan full pecokan di seluruh bagian kayunya dan bagian atap juga menggunakan kayu diukir model srap srap an. Dan kondisi warna gincu tulang dan prodo nya masih original full tanpa kami sentuh kembali. 

Mendapatkan barang ini sungguh membuat kami bahagia karena belum tentu 30th lagi dapat kami akuisisi 1 lagi meski kami tetap aktif untuk melestarikan peninggalan leluhur Jawa dari para trah sentono Ndalem. 

Tinggi Joli Jempono ini adalah 135cm dan lebar 80cm dan panjang 84cm. Kondisi saat ini masih belum komplit karena akan kami lengkapi dengan selambu dan lis kain di bagian atap nya seperti sedia kala. 

Strictly Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman