Kamis, 26 Oktober 2017

Set of Chinese Hongmu furniture 3 chairs and 1 middle table with 1 tall tea table early-mid 19th century Qing Dynasty


Salah satu penambahan untuk interior kami di galeri kami terakhir ini adalah sebuah set Shuanzhi Furniture set yang kami akuisisi dari sebuah keluarga tua di Surabaya.

Saat ini untuk mendapatkan set hardwood furniture sudah teramat sangat langka dan untuk bisa mendapatkan set utuh biasanya amat sangat sulit karena kebanyakan jenis furniture ini dibagi waris oleh para pemilik lama nya dan jelas pemilik lama nya biasanya merupakan keluarga keturunan yang dahulu merupakan well established family of Peranakan.

Set ini kami dapatkan dari salah satu ahli waris di surabaya yang merupakan bagian dari 2 bersaudara jadi bangku panjang nya terpisah di keluarga 1 nya dan susah sekali untuk dilacak saat ini.



Berdasarkan garap dan design daripada this Immaculate Hongmu furniture set, set ini diproduksi di era 1820-1850an dan merupakan buatan China Tengah bukan dari utara maupun selatan karena tiap2 daerah memiliki perbedaan dalam hal design dan ukiran nya. 


Meski cenderung polos, namun set shuanzhi ini memiliki ukiran yang sangat halus dan 1 kayu pada bagian cunduk nya dan semua nya dibuat dengan pecokan dan tanpa peralatan modern.



Jenis Hongmu Furniture saat ini sulit sekali untuk didapatkan karena termasuk dari 5 kayu keras yang berasal dari China daratan dan meski banyak repro Vietnam yang masuk saat ini jelas garap dan kayu nya amat sangat berbeda, keluwesan, pecokan, dan lembar kayu lebar2 serta ketebalan kayu sudah tidak mungkin untuk melawan jenis ini. Yang dibuat dari kayu tebal 4cm untuk bagian cunduk dan 8cm di bagian tangan dan kaki.


Marmer nya semua full original dan masih dalam kondisi utuh, terdapat beberapa retakan natural pada kayu dan sengaja kami diamkan saja untuk membuktikan usia dari set ini karena akan kami pergunakan sendiri di galeri kami di Malang.


Memang kami terlahir di keluarga kolektor shuanzhi Furniture sejak 30th silam dan set ini merupakan 1 dari 12 set yang kami miliki. 

Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman