Minggu, 10 September 2017

Handle Keris Perunggu Kanjeng Kyai Radjamala 2 Singhasari Kingdom heritage (earth excavation) 13th century AD


Sepasang handle Kanjeng Kyai Radjamala ini memang merupakan simpanan kami sejak penggalian yang kami lakukan 2011 silam dan bersama ratusan pusaka yang kami temukan termasuk 5 unit handle perunggu bermotifkan beberapa macam dan yang kami simpan selama ini adalah sepasang Radjamala ini karena selain sejodoh juga 100% utuh dan korosi nya telah merata di seluruh bagian handle.


Filosofi dari Handle Radjamala berarti diharapkan pemegang pusaka tersebut sakti mandraguna seperti karakter Radjamala pada pewayangan Jawa kuno. Dan handle ini selain sepasang juga memiliki arti yang sedikit unik.


1 handle menengadah ke atas dan 1 handle kepala nya turun ke bawah dengan posisi menggenggam dan memegang gada. Yang diartikan bahwa sesakti2 nya manusia tetap harus ingat dan patuh pada Allah SWT dan tidak boleh lupa kepada sesama manusia dan harus bisa menjadi panutan dan pelindung bagi yang di bawah.



Belum pernah selain penggalian 2011 lalu kami melihat handle perunggu original tua dan memang kami maharkan hanya kepada kawan baik kami yang berjanji untuk merawatnya di kemudian hari.

Termaharkan...

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman