Rabu, 02 Agustus 2017

Set kursi Kanjengan Kompeni Burung Prodo Gincu Soerakartan ca. 1910s


Salah satu koleksi yang paling sulit untuk didapatkan dan dimiliki adalah set kursi dari ex. Javanese Imperial Folk Art. Hal tersebut dikarenan banyak sekali faktor selain kelangkaan barang saat ini.



Rata2 keluarga priyayi dan trah memang sangat menjunjung tinggi set perabot rumah tangga ndaleman dan kecuali mereka berpindah kediaman biasanya sulit sekali untuk diakuisisi.



Set kursi ini kami dapatkan dari seorang keluarga trah di wilayah kompleks lingkup daleman yang memang mewarisi nya secara bergenerasi lalu dan karena berpindah tugas ke luar kota maka dapat kami akuisisi melalui kawan baik kami di bilangan Jawa Tengah.



Kursi ini sangat indah cantik luwes dan masih 90% utuh diluar plituran nya yang memang sengaja kami ulang karena request khusus. Dan prodo nya belum kami kupas ulang sehingga masih buram nanti akan kami posting pada kesempatsn selanjutnya hasil akhir nya.



Set kursi ini memiliki detail garap super class A dengan material jati yang top dan sangat berat diluar model nya yang seperti ringan kursi ini amat sangat berat dan ukiran bubutan nya pun tidak ada yang sama 1 dengan yang lain karena masih garap tangan serta pasak pantekan bambu nya pun masih original semua. Rotan pernah diganti 30th silam dan masih dalam kondisi sempurna.


Kursi ini memiliki ukuran tinggi 117 dan lebar 58cm dan memiliki tinggi kaki yg cukup tinggi menandakan dahulu priyayi tersebut wajib menggunakan umpak kaki untuk duduk di set kursi ini.
Langka sekali dan untuk kemudian hari mungkin tidak akan ada 2 nya lagi set ini...

Super kolektor set...

Termaharkan... 

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman