Jumat, 04 Agustus 2017

18th century magnificent Anglo Irish Fine Cut Crystal lidded jar set with Jumbo Centerpiece


Sangat sulit saat ini untuk mengkoleksi jenis kristal yang seperti ini... selain very old juga very very very precious seperti mencari jarum di dalam jerami.



Jenis kristal ini memang dahulu diproduksi di England - Ireland dan di akhir abad ke 18 memang merupakan sesuatu yang luar biasa menarik dan indah juga meruoakan sesuatu yang new to the European standard at the time dengan ramuan penambahan lead yang tinggi pada kandungan kristal ini membuat cuttingan nya begitu hidup dan berkilau apabila terkena cahaya lilin dan lampu minyak.



Jenis kristal ini masuk ke Indonesia di era 1810-1820an di era pemerintahan Gubernur Jendral Raffles dan pada saat itu pun terbatas peredaran nya pada kalangan the have dan imperial family of Java dan ringkih nya jenis kristal ini membuat kepunahan nya saat ini di peredaran kolektor barang antik premium only.



Jenis kristal ini cuttingan nya sangat rumit dan hampir tidak ada permukaan yang polos dan tidak dicutting dengan hand cut dan jauh dari kata presisi dan inilah asal usul kristal terbaik asal England yang kemudian standard nya diikuti seluruh dunia hingga saat ini.


Dengan tinggi 34cm toples permen ini bukan seperti tingcoa biasa yang ada di pasaran... very very very very limited and collectible in every way.

Museum pieces...

Private collection only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman