Selasa, 25 Juli 2017

Tebengan Merak Ati Soerakartan Prodo Gincu early 20th century


Salah saru hobby kami memang mengkoleksi barang2 ex. Javanese Imperial Heritage yang saat ini makin mustahil untuk didapatkan... 


Memang dalam perjalanan nya barang terbaik dan terindah berkumpul di beberapa pusat pemerintahan raja2 di Jawa pada era kolonial dan justru keberadaan barang2 tersebut yang sangat dicari oleh para kolektor International selama ini. Itulah alasan kami untuk melestarikan dan mengkoleksi jenis barang2 ini untuk mencegahnya lari ke luar negeri dan untuk bisa dinikmati para generasi penerus bangsa di masa yang akan datang.


Tebengan ini kami dapatkan dari seorang kawan baik kami dari sebuah trah tertentu di Jawa Tengah dan pada saat kami dapatkan tebengan ini memang sudah pernah diulang gincu nya dengan gincu tua beberapa puluh tahun silam setelah ada musibah kebakaran di tempat tersebut.



Meski tebengan ini pernah diulang gincu prodo nya namun bagi kami tetap merupakan sebuah penemuan yang luar biasa dan bukan sekedar antik saja... namun adalah bagian dari arsitektur Javanese Imperial Folk Art yang wajib untuk dilestarikan.


Dengan ukiran Merak Hati yang berarti kecantikan, keagungan dan kerukunan serta lambang kemuliaan yang tidak bisa sembarang orang menggunakan nya dan dikhususkan bagi penghuni kaputren di masa itu ukiran berukuran 242cm panjang dan tinggi 63cm serta tebal 2.8cm ini kami lestarikan di kediaman kami sendiri sebagai bentuk apresisasi kami pada budaya dan warisan leluhur kami sendiri.



Private Collection only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman