Selasa, 06 Juni 2017

Still one of our Favourite Masterpiece of Large 40.5cm diameter Old Edo period Gilt Imari Dish ca late 18th century


Memang dari awal kami mengkoleksi barang antik salah satu favourite dan incaran kami adalah Top End Old Imari dish yang betul2 tua dan bukan stw an.


Salah satu koleksi kami yang 1 ini memang betul2 kami cintai karena selain merupakan pemberian Saudara angkat kami yang merupakan salah satu jajaran Kolektor Top Nasional tapi juga karena betul2 tua dan 100% langka.




Imari dish yang dilukis dengan prodo dof dan dengan porcelain nya masih menyerupai kulit jeruk (pori2 nya berlubang2) adalah ciri afdol dari Imari Edo era yang sangat sangat langka dan nyaris punah saat ini. Ditambah lagi dengan detail lukisan enamel nya yang betul2 njlimet dan ngrawit dan timbul... berbeda dengan Imari era Meiji yang tinta nya cenderung rata apalagi era Taisho dst... jelas tidak masuk hitungan kelas kolektor...



Piring ini menggambarkan seorang Shogun (warlord) yang lengkap dengan gaya rambut era Edo sedang minum teh di beranda rumah nya lengkap dengan tirai dan vas besar disamping nya yang jelas dilarang untuk dibuat di era Meiji. (Dalam sejarah Jepang, pakaian adat dan rambut yang diikat sudah dilarang di era Meiji dan apapun yang berbau Shogunate betul2 sudah dilarang untuk beredar) sungguh pemandangan yang romantis dan sangat indah.


Lengkap dengan lukisan tinta biru underglazed di bagian tengah yang rumit dan very intricate detailed. Jenis piring seperti ini memang paling kami sukai dan mungkin seumur ini tidak akan pernah kami jumpai lagi yang ke 2...

Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman