Rabu, 24 Mei 2017

Patung perunggu temuan darat Raden Sawunggaling era Mataram Islam ca. 17-18th century AD


Salah satu penemuan terakhir kami yang kami dapatkan dari hunter kami di lapangan dengan kondisi utuh tuh dan masih dengan patina original nya yang sengaja kami biarkan saja hanya kami cuci dengan sikat gigi dan pasta gigi untuk menghilangkan kerak tanah nya.


Perunggu jenis ini oleh sebagian orang disebut perunggu gresikan namun menurut kami sendiri perunggu gresik merupakan perunggu pesisir utara Jawa Timur yang merupakan perpaduan antara nuansa Islam kehinduan. Dan untuk jeia patung ini merupakan perunggu Mataraman.



Patung ini merupakan patung Raden Sawunggaling yang sangat terkenal di Surabaya di era tahun 1600an dan sangat langka motif nya dengan detail yang cukup halus dan original tua.


Ukuran patung ini pun cukup lumayan dengan tinggi 15cm dan kondisi 95% utuh hanya ada korosi sangat minim di bagian dasar. Oleh karena itu patung ini untuk sementara akan menemani koleksi Perunggu Jawa kuno milik kami sendiri di galery.

Private Collection Only!!!

2 komentar:

  1. Hello,
    This is a beautiful statuette.
    If I could ever buy it, I PROMISE ( LIKE WITH ALL I BUY) to let it be send back to Indonesia after my death. For it is yours, money can't change origin.
    Greetings Reggie
    Ps for me it is also often a struggle how to fit Gresikan like statue in the best trueth.

    BalasHapus

Translate

Total Tayangan Halaman