Rabu, 01 Maret 2017

Topeng Prodo Gincu Panji Soerakartan heritage ca. 1930s


Kembali sebuah topeng dapat kami selamatkan dan kami koleksi di jajaran koleksi kami di Malang dan memang melalui proses yang ribet dan berbelit belit.


Topeng ini kami dapatkan memang dari seorang ahli waris trah resmi yang memajang nya di tembok rumah beliau dan sayang seribu sayang karena lembab nya tembok rumah nya maka warna hitam dari gincu arang di belakang nya tembus ke depan dan tidak bisa kami bersihkan lagi namun justru menimbulkan efek original murni yang tiada tusiran dan rubahan.


Jenis topeng ini merupakan topeng panji yang melambangkan kesucian jiwa seorang anak kecil dan memang biasa diwarna putih yang melambangkan nya.


Detail sunggingan dan garap daleman yang khas jelas mewarnai topeng ini dengan keluwesan nya dan ketajaman nya yang seolah olah bernyawa dan hidup. Itulah tingkat tertinggi dalam ilmu seni rupa... mengidupkan benda mati dan hanya dapat dipahami oleh sesama seniman saja...


Dengan bahan dasar mentaos jelas karena barang ex. Soerakartan dan jelas berbau tanaman khusus yang hanya dipahami oleh orang2 tertentu saja...
Museum pieces...

Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman