Senin, 13 Maret 2017

Gelang Perunggu Cobra Snake Tangguh Jenggala 11-12th Century AD


Sebagai pemerhati dan pelaku budaya Jawa kuno, kami memang bukan saja mengagumi tapi juga berusaha menyelamatkan pusaka2 leluhur tanah jawa dalam berbagai bentuk dan sesuai dengan kelangkaan nya.


Gelang ini kami temukan dari seorang kolektor perunggu kawakan yang mendapatkan nya dari bantaran sungai Brantas di daerah Kediri dan menurut tayuhan dan anatomi kami gelang ini merupakan bagian dari peninggalan kerajaan Jenggala dengan anatomi yang garang dan detail yang memukau.



Kami beberapa kali menemukan gelang perunggu... namun tiada yang sebaik ini dan menurut kami di kemudian hari pun akan sangay sulit untuk menandingi gelang berusia hampir 1000th ini.



Ketika kita berbicara budaya dan temuan pusaka leluhur maka kita berbicara tentang sejarah dan kebudayaan leluhur bangsa Indonesia dan hanya dapat dipahami secara utuh oleh seorang budayawan dan orang yang memiliki jiwa seni yang cukup untuk mengulas tentang nya... karena apabila tidak memiliki pengetahuan yang cukup maka pembicaraan itu ibarat menuntun Sapi masuk ke McDonald restoran...



Tangguh perhiasan dan pusaka memiliki ciri dan patina yang sama... Jenggala memiliki alur lugas, tegas, wingit, tebal, ndableg tetapi memiliki keindahan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata2...


Museum pieces...

TERMAHARKAN

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman