Minggu, 05 Maret 2017

Bak mandi kayu jati utuh Pecokan primitive kompeni ca. Early 19th century AD

Sebuah barang ini merupakan barang yang luar biasa langka keberadaan nya dan mungkin the only one in Indonesia.


Kami dapatkan dari sebuah keluarga yang masih merupakan keturunan sebuah trah tertentu di Jawa Tengah pada awalnya beliau bercerita bahwa barang ini didapatkan nya ketika pembagian jatah dari gedung kavaleri yang sekarang sudah tidak dipergunakan lagi dan menurut beliau berfungsi sebagai comboran jaran (tempat minum kuda).


Namun kembali kami melakukan penyelidikan dengan beberapa pakar sejarah trah tersebut dan ditarik sebuah kesimpulan bahwa barang ini pada awal nya merupakan bak mandi 100% karena terdapat bibir luar pada ke 2 sisi nya dan bentuk nya seperti kacang ini juga merupakan asli shape dari sebuah Bath Up Kompeni an yang merupakan milik seorang yang ber pangkat sangat tinggi namun sedang dalam pelarian atau berpindah2 tempat sehingga membuat suasana mandi yang bisa portable dan dibawa kemana2. Ditunjang terdapat jalan nya air keluar pada salah satu bibir bath up ini.



Apabila kemudian difungsikan sebagai comboran adalah sangat mungkin terjadi setelah jaman berganti menjadi kolonialisme di Jawa Tengah dan sebuah trah tersebut telah berdiri kokoh dengan segala yang berbau Perancis.




Bak mandi ini jelas milik seorang yang ber status amat sangat tinggi dan berusia amat sangat tua patina nya dan air kayu nya pun sudah kering sehingga kayunya enteng dan terdapat keropos pada ke 4 kaki nya yang terbuat dari 1 kayu dengan bath up nya.


Ukuran bath up ini adalah panjang 85cm tinggi 36cm dan lebar 40cm dan semuanya terbuat dari 1 kayu jati utuh yang dipecok.
Museum pieces dan bagian dari sejarah...

Termaharkan...

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman