Minggu, 01 Januari 2017

Yuan Dynasty Dehua Kiln Fujian White glazed bowl ca. 13-14th century AD


Lama kami mencari informasi tentang barang yang sederhana namun mencuri perhatian kami ini, dan memang selain merupakan temuan tanah di daerah Malang selatan, mangkok porcelain putih ini memiliki beberapa kemiripan dengan dingware Song Dynasty namun tidak sama karena tebal dan garapan nya sedikit kasar.


Akhirnya kami menemukan tentang asal usul mangkok porcelain ini yang ditemukan di beberapa shipwreck yang berasal dari dynasty Yuan dan memang bukan buatan Imperial Kiln namun merupakan buatan Dehua Kiln yang berada di Fujian Province dan merupakan cikal bakal daripada Blanc de chine. Dehua kiln merupakan produsen Blanc De Chine di era Ming dan Qing dynasty namun setelah dilakukan penggalian terhadap 128 kiln di Fujian, ternyata dehua kiln sudah beroperasi sejak late Song Dynasty dan memproduksi mangkok ini untuk meniru Dingware tapi jelas kalah dalan hal kwalitas karena porcelain nya tebal dan kwalitas glazir nya dibawah Dingware.


Namun dengan kesederhanaan nya set 4 vuah mangkok ini memiliki daya tarik nya sendiri yang semi primitive dan charming in its own way.



Dengan ukuran 11-13cm diameter dan tinggi antara 2.5-4cm set 4 mangkok ini akan kami koleksi sendiri sebagai penambah koleksi old porcelain kami di galery kami di Malang.


Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman