Kamis, 05 Januari 2017

Topeng Kelana Bagus Prodo Gincu Sungging Soerakartan Heritage ca. 1910s original colour


Salah satu koleksi terbaru kami yang kami akusisi dari salah seorang kerabat dalem yang memang memiliki trah murni dan tidak sembarangan.


Topeng Kelana ini sempat dipajang di pendopo beliau selama beberapa puluh tahun dan masih memiliki warna aslinya yang 100% original non tusiran dan non tumpukan.


Keunikan daripada topeng ini dibandingkan dengan topeng kami yang lain adalah warna pada sunggingan mahkota nya yang merupakan warna kebangsaan daripada Soerakartan. Dan hal itu yang membuat kesimpulan bahwa topeng ini dibuat di era PB X dimana warna tersebut menjadi warna kebangsaan daripada Soerakarta.


Kayu pada topeng ini seperti topeng daleman yang lain merupakan kayu mentaos yang garap nya sangat detail dan warna prodo nya pun masih sangat original dan masih dalam kondisi utuh.
Pada pinggiran topeng terdapat beberapa bekas gigitan tikus yang merupakan bukti usia juga selain patina pada topeng ini.


Sungguh berbahagia bagi kami untuk dapat melayangkan tangan kami untuk dapat memelihara warisan dari leluhur Jawa yang luar biasa.


Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman