Jumat, 30 Desember 2016

Topeng Kelana Garap Super (ex. Indonesian Imperial Heritage) ca. 1900s


Sebuah mahakarya leluhur kembali dapat kami selamatkan dan kami pindahkan ke museum pribadi kami di Malang.


Sebuah topeng dengan garap super khas Daleman memang amat sangat sulit untuk ditemukan saat ini apalagi dalam kondisi gincu Original tanpa pernah ditusir atau ditumpuk.


Dengan ukiran lembut2 dan detail hidup yang luar biasa topeng berbahan dasar kayu mentaos ini memang masih dapat kita lihat beberapa kembaran nya di Museum Soerakarta dan memang sudah selayaknya untuk dilestarikan para anak cucu dan turunan yang bisa dan mampu untuk melestarikan nya.



Jenis topeng ini adalah Topeng Kelana yang menggambarkan jiwa yang penuh ambisi dan semangat dalam pengertian nya. Dan kelebihan topeng ini adalah dalam kondisi NOS alias tidak pernah dipakai sama sekali dan patina nya terlihat pada warna prodo nya yang sudah menghitamdi beberapa bagian dan tidak boleh dibersihkan alias biarkan apa adanya.


Kekurangan nya adalah 2 buah retakan kayu tua yang kemungkinan memang penyebab tidak pernah dipakai nya topeng ini dan berfungsi sebagai pajangan pada akhir nya.
Its an Honour to actualy lay our hands in these masterpiece of our Ancestor... and its our duty to keep it for the next generations.


Private Collection Only!!! 

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman