Sabtu, 10 Desember 2016

Patung Loro Blonyo Kawedanan Sepuh pakem Solo kayu mentaos ca. Early 19th cent


Sepasang patung loro blonyo yang kami dapatkan dari seorang kawan baik kami di bilangan Jawa Tengah ini memang merupakan sepasang loro blonyo yang sudah lama sekali kami incar bukan saja karena usia nya yang tua namun karena memiliki segudang keunikan yang membuatnya langka.




Patung loro blonyo ini memiliki anatomi yang sangat luwes... 



Perhatikan pada foto tangan dan kaki! Dan pahatan semi primitif yang 100% original tua juga dengan anatomi muka yang agak sedikit berbeda dengan loro blonyo yang lain dalam arti komedian (era tari topeng) apalagi dengan matang nya usia yang sudah pasti kelihatan dari segala sudut nya termasuk pada jarik parang yang digunakan yang menandakan beliau adalah seorang penguasa daerah dan jelas penguasa Kawedanan di daerah Solo pasti merupakan anak turunan dari salah satu dari 2 trah yang ada, dan dari warna baju yang digunakan jelas merupakan warna dari trah yang menggunakan pakem ijo pareanom dalam warna kebangsaan nya sesuai dengan gawangan batik yang kami pasangkan di belakang nya.




Loro blonyo lelaki bagian kuluk dapat dilepas biasanya untuk meletakkan surat wasiat atau sesuatu yang penting lainnya dan pada loro blonyo perempuan perhiasan nya original garap daleman yang masih sangat utuh dan terbuat dari perak swasa dan batu yakult (inten jawa).


Dengan tinggi 73cm dan segudang keunikan nya kami meletakkan loro blonyo ini kedalam jajaran koleksi kami sendiri di galery untuk dilestarikan ke masa yang akan datang.

Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman