Rabu, 07 Desember 2016

Norther Song Dynasty Fujian Kiln Celadon carved bowl ca. 10-11th cent AD


Terkadang kami prihatin terhadap kolektor baru yang memandang sebelah mata barang2 yang sedikit retak tanpa memandang usia dan sejarah barang2 tersebut, perlu kita bertanya pada diri sendiri ketika berusia 60th nanti apakah seluruh gigi dan rambut kita masih 100% original? Apalagi bagi sebuah barang temuan yang berusia lebih dari 1 millenium.


Bagi barang temuan tanah 90% memang terdapat keretakan karena tekanan dari massa tanah itu terhadap porcelain, dan itu terkadang bagi kami merupakan hal yang wajar karena selain untuk tujuan mengoleksi barang, tujuan lebih nya adalah untuk mempelajari asal usul dan sejarah sebuah barang tersebut sampai di Indonesia.




Mangkok celadon ini berasal dari Fujian Kiln di China Selatan dimana memiliki kriteria garis2 seperti sisir hampir di seluruh tubuh nya yang memang menjadi ciri khas nya dan memang kwalitasnya tidak sebaik Yaozhou celadon tetapi kriteria masing2 kiln pembuat porcelain di era Song awal memang memiliki keunikan nya sendiri.


Dengan diameter 16cm dan 2 buah retak rambut yang sangat tipis serta sebuah chips kecil terkena pacul maka mangkok porcelain ini menjadi salah satu pembanding dan pelajaran bagi kami dalam mengoleksi porcelain tua di era Song, Yuan, dan Ming Dynasty.

Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman