Selasa, 13 Desember 2016

A very rare Yuan Dynasty Qingbai Persimmon porcelain round box ca. 13-14th cent AD


Sebuah koleksi kesayangan kami yang beberapa saat yang lalu kami akuisisi dari seorang kolektor tua yang menemukan nya di daerah Malang selatan sekitar 10th yang lalu.
Porcelain box ini amatlaha sangat langka keberadaan nya dan masih dalam kondisi 99% selian sebuah chips glasir 3mm di bagian tutup yang wajar karena merupakan barang temuan tanah.


Pada box ini warna tutup dan base terlihat berbeda karena bagian tutup terendam tanah selama ratusan tahun lamanya dan meski sudah kami bersihkan tetap masih 1 tone warna berbeda namun merupakan original set nya. Karena pada bagian base selain miring, juga peyot2 sehingga bagian tutup harus betul2 set nya baru bisa masuk pas persis. 


Jenis porcelain box ini super langka dan belum pernah kami temukan dalam kondisi yang utuh mulus. Dan memang Yuan dynasty Qingbai merupakan last of the line dari produksi qingbai di China karena segera digantikan oleh blue and white porcelain di dynasty Ming dan seterusnya.


Perbedaan Yuan dan Song dynasty Qingbai porcelain adalah Yuan perfect murni porcelain dengan titik bakar lebih dari 1300°c dan formula nya sudah sempurna meski menjadi tebal dan sedikit ndableg.


Mengoleksi jenis porcelain tua menjadi kesenangan tersendiri bagi kami dannakan kami lestarikan terus ke depan nya.


Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman