Minggu, 27 November 2016

Southern Song dynasty lotus shape qingbai small size jar ca. 11-12 cent AD


Salah satu penemuan terakhir kami dari daerah malang selatan yang memang terkenal dengan penemuan porcelain dan perunggu nya selama berpuluh2 tahun ini.



Seorang tukang bata menemukan porcelain ini bersama ratusan porcelain lain nya hanya saja yang lain hancur berkeping2 tidak bisa diselamatkan lagi. Musim penghujan memang musim bagi para pembuat bata untuk menggali bahan baku nya yaitu tanah merah yang sangat sering mendapatkan bermacam2 hasil galian di dalam nya.


Dengan kondisi nya yang masih 80% utuh dari glazir nya dan 100% utuh pada porcelain nya yang sengaja kami zoom dengan loop Berlian untuk mendapatkan gambar kondisi asli dari porcelain yang sangat langka ini.



Qingbai ware pada awalnya bukan termasuk dan 5 jenis porcelain terbaik di dynasty Song dan dipergunakan untuk kalangan rakyat jelata namun dengan perkembangan jaman qingbai ware memiliki keunikan nya sendiri dengan glazir putih biru kehijauan yang sangat cantik dan sangat sulit untuk didapatkan dewasa ini.


Jar ini berukuran tidak terlalu besar namun memiliki kecantikan yang sangat luar biasa dan daging porcelain putih nya masih tertutup oleh tanah merah yang skrng sudah kami cuci meski kondisi retakan glazir tidak dapat lagi diperbaiki karena memang sudah terlalu tua dan berada di dalam tanah untuk waktu yang sangat lama.


Kami memang sedang mengoleksi porcelain2 tua Yuan dan Song dynasty yang niatnya akan kami sendirikan di dalam 1 lemari khusus untuk menjaga nya dari kepunahan.

Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman