Selasa, 15 Maret 2016

Rebab dan set Jagrak Rebab Nogorojo Prada Gincu Soerakartan 18th Century heritage

Salah satu hobby yang memang kami tekuni adalah mengoleksi barang barang prodo ex. Indonesian Imperial Heritage of Jawa yang keberadaan nya semakin hari akan semakin langka dan sudah selayaknya kami sebagai generasi penerus bangsa mempertahankan dan melestarikan peninggalan tersebut untuk tetap bertahan di dalam trah yang benar. 



Jagrak Rebab ini kami dapatkan beberapa bulan yang lalu dari seorang kerabat dekat "dalem" dan emmang merupakan sebuah peninggalan yang luar biasa sakral.




Selain pakem nogorojo nya yang memang masih menggunakan mahkota 3 dunia (pakem jawa asli sebelum tercampur kompeni) juga terdapat tulisan aksara Jawi kuno yang berbunyi "Ngudi Rasa Manunggal" yang diartikan (Manunggaling Kawula Gusti) dan dalam ilamu pengetahuan Jawa kuno, manunggaling kawula Gusti memang merupakan Ilmu Ratu (raja).



Jagrak rebab ini kondisi nya tertutup timpaan cat dan sedang kami kerok sendiri perlahan lahan agar tetap original seperti sedia kala. 




Tak dapat dipungkiri ke rentaan jagrak rebab ini dari pembuatan nya, pakem sebelum Kompeni (Kompeni mulai memasuki kebudayaan Jawa Imperial pada tahun 1820 an) jadi jelas ini merupakan warisan leluhur sebelum masa itu dan masih tersimpan dengan baik. Beruntung bahwa prodo jya masih all original dan tidak diulang meski sudah kondisi nya 50%.



Private Collection only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman