Rabu, 09 Maret 2016

Peti Jawa Prada Gincu Ukiran Soerakartan early 1800s period

One of our most beloved collection adalah sebuah peti ukiran 4 sisi dengan kondisi yang Immaculate ini adalah sebuah mahakarya dari peninggalan Indonesian Imperial Heritage of Java at its best.



Banyak peti-peti yang beredar dan ditemukan di pasaran namun untuk peti travelling sebesar dan dengan detail se luar biasa ini memang amat lah sangat langka keberadaan nya di Indonesia saat ini.



Peti ini tidak kami gincu ulang sama sekali untuk mempertahankan keaslian nya yang masih 90% kondisi nya hanya kami buka kembali Prodo nya yang tertutup debu selama ratusan tahun. Peti ini merupakan khas ukiran detail Soerakartan yang luar biasa, lung-lung an khas Soerakartan yang istimewa menandakan peti ini bukan untuk kasta bangsawan biasa melainkan betul2 barang milik sang Penguasa itu sendiri. 





Dengan warna khas coklat tua, merah gincu, kombinasi hitam, dan prodo yang menandakan warna kebangsaan trah tertentu di Solo sebelum dipopulerkan nya warna biru laut sebagai warna trah tersebut. 





Kami dapatkan dari seorang kawan baik kami di Solo dan telah kami tunggu lama sekali untuk kedatangan peti ini lengkap dengan kunci nya yang masih bisa untuk dipergunakan setelah kami minyaki ulang. Ada beberapa bagian kayu di dalam yang sudah pernah direpair karena erosi (wajar dengan usia 200th nan).


Sungguh sebuah peninggalan sejarah Jawa Imperial yang telah bercampur dengan Kompeni dan sangat layak untuk kami pertahankan dan kami koleksi sendiri.

Ukuran peti ini adalah panjang 78.8 cm dalam 43 cm dan tinggi 41 cm dan dibuat semua dengan hitungan ganjil yang matang.



Private Collection only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman