Minggu, 14 Februari 2016

Topeng Soerakartan kayu Timoho original

Salah satu koleksi terbaik kami yang kami simpan sudah lama ini adalah sebuah topeng Soerakartan dengan bahan kayu Timoho.


Topeng javanese folk art biasa terbuat dari berbagai macam kayu seperti Jati (jawa kampung) dan kayu Mentaos (Imperial Javanese Folk Art) namun sangat susah mendapatkan sebuah topeng berbahan dasar kayu timoho.




Kayu Timoho termasuk kayu yang diminati banyak orang sebagai kayu utama pembuatan Warangka Keris, dan dianggap memiliki tuah yang sangat baik. Namun keberadaan kayu Timoho ini cukup langka terutama di Jawa karena tidak terdapat tanaman Kayu Timoho ini di Pulau Jawa.

Mendapatkan topeng ini dari seorang kawan kami di Solo, selama hampir setahun penuh tersimpan rapih di lemari kami dan belum pernah kami keluarkan sebelum nya dan baru saja kami cuci dan kami foto untuk sekedar penambahan pengetahuan dan saling berbagi kepada penggemar Javanese Imperial Folk Art di Nusantara.


Keberadaan topeng original tua memang sudah langka karena nyaris 50% sudah terbang ke museum2 di luar negeri dan kami mulai berusaha untuk mengumpulkan nya kembali sedikit demi sedikit.

Adapun demikian topeng buatan "daleman" akan sangat terasa beda nya apabila dibandingkan dengan topeng rakyat yang berat, dan tidak hidup.


Private collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman