Minggu, 07 Februari 2016

French Chinoiserie Porcelain wall Plague in wood bamboo style original frame ca. 1880s

Sebuah koleksi kami yang menemani kami senantiasa di kamar tidur kami ini merupakan salah satu kesayangan kami selama ini dan memang bukan begitu saja kami cintai melainkan karena memiliki unsur design dan tema yang unique to others. Chinoiserie adalah sebuah design yang mewabah di Eropa sejak abad ke 17 sampai abad ke 19 akhir dimana segelintir kaum the have di Eropa merasa bosan dengan design dan style Roccoco maupun Baroque yang mewabah di benua Eropa. 


Chinoiserie adalah implication of the oriental art kepada masyarakat Eropa pada umumnya dan masyarakat Perancis pada khusus nya dan biasa nya lebih dikhususkan kepada kaum hawa karena identik dengan hawa "Feminine" jika dibandingkan dengan segenap style lain yang mewabah seperti majolica, barroque dan roccoco yang berkesan grand. Akan tetapi perkembangan style Chinoiserie ini sangatlah terbatas pada segelintir orang saja pada saat itu yang menyebabkan langka nya peredaran barang2 ini apalagi sampai ke Indonesia. 



Sekilas terlihat seperti nampan Famille Rose Qing dynasty dengan dekorasi sepasang burung, kupu, dan bunga Peony yang identik dengan kaum hawa di era Qing Dynasty tetapi perlu kita ketahui bersama bahwa porcelain Qing dynasty Famille Rose merupakan injeksi Sumbang asih pertukaran kebudayaan China dengan Perancis bahkan tinta Famille rose sendiri merupakan import dari Eropa yang menggunakan bubuk gold powder sama seperti pembuatan gelas warna cranberry. 


Selama perjalanan kami 10th ini baru 2 kali kami menemukan barang serupa dan yang 1 nya masih dikoleksi oleh salah satu sesepuh antikan di Malang yang telah berusia hampir 80th. 

Sungguh sebuah barang langka yang sulit sekali untuk dicari bandingan nya dan memang saat ini wall plaque berukuran cukup besar dengan panjang 38cm dan lebar 24cm dan 50cm x 37cm pada poin terluar ini masih kami koleksi pribadi hanya kami sharing untuk berbagi ilmu kepada para penggemar antik serius di Nusantara.


Private Collection only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman