Rabu, 24 Februari 2016

Botekan Cermin Peranakan Prodo Gincu Original Strait Chinese Folk Art ca. 1870s

Bertukar hobby dan kesenangan diantara sesama kolektor memang bukan hal baru bagi kami selama ini dan setelah melalui proses negosiasi yang amat sangat panjang selama 3 bulan akhirnya kami berhasil mengakuisisi set Botekan cermin original tua ini dari seorang kolektor top di bilangan Jakarta. Bukan main senang nya hati kami ketika set botekan peranakan ini sampai di kami karena memang mendapatkan set 4 piece botekan original tua Prodo gincu peranakan ini amat lah susah dan nyaris impossible saat ini.



Pada kebudayaan Chinese peranakan di Indonesia, dahulu botekan cermin ini selalu menjadi symbol status dan sebagai penyimpanan perhiasan dan peralatan untuk berdandan kaum hawa di kalangan peranakan elite..  




Botekan cermin ini usia nya sangat uzur dan bekas gigitan tikus pada banyak laci nya sengaja kami diamkan karena itu sejarah yang tidak bisa dibuat dan betul2 menunjukkan usia dari botekan peranakan ini. Dan bada bagian bawah sudah ditimpa cat ulang sekitar 30th yang lalu sehingga betul2 menunjukkan usia nya yang matang bukan STW an. 





Bermain kayu bagi kami bukan main course kami dalam arti kami bukan pemain antik specialist kayu tetapi hanya top end original old set dan top end Imperial Goods yang kami koleksi karena aura dan karisma barang kelas ini membawa hawa yang lebih pada sebuah rumah.  




Ukuran botekan ini adalah tinggi total 162cm dan lebar bagian bawah 81cm dengan kedalaman 52cm hanya sayang nya kaca telah diganti baru meski sama sekali tidak mengurangi nilai koleksi set ini. 

Pada peti terbesar memang usianya tidak setua yang lain, tetapi  tetap termasuk tua diatas 50 tahun.

 Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman