Senin, 30 November 2015

Majolica Secessionist Hanging Weighted Oil Lamp With Hand Painted Enameled Opal Glass Shade ca. 1890-1900s








Tempat minyak yang berglazir tidak merata tanda usia dan dalam kondisi super mulus

Nomer seri pada tempat minyak lampu majolica

Nomer seri pada bagian bawah earthenware majolica

Nomer seri pada rangka yang menunjukan diameter 30 dan tinggi 180cm


Sebuah koleksi terbaru lagi dari kami yang luar biasa cantik dan bukan main langka nya ini merupakan sebuah lampu minyak Majolica yang merupakan produksi Austria pada era late Victorian (art nouveau era). Era art nouveau merupakan puncak dari sebuah era seni di dunia pada akhir abad 19 dan tiap2 negara memiliki style tersendiri dalam meng implementasikan nya demikian juga dengan sebutan nya yang berbeda2 seperti Art Nouveau (England & France) Jugendstil (Germany) dan Secessionist (Austria & Czech). Sebelum nya kami tidak begitu tertrarik dengan lampu majolica, karena barang "gawan" atau import yang mengacau di pasaran dan barang repro buatan bandung pada tahun 1980an itu sangat banyak beredar dan perbedaan ori dan tidak pada sebuah lampu majolica terletak pada:
1. Halus tidak nya pembuatan rangka lampu dengan detail yang harus mempesona karena lampu ini dasarnya memang sebuah lampu yang top end pada jaman nya. 
2. Nomer seri yang HARUS mutlak tercantum pada tempat minyak, bagian bawah tempat minyak dan pada rangka original Majolica tua.
3. Set yang harus sama ornamen nya antara rangka, tempat minyak, rantai dan ring tempat minyak harus memiliki detail dan ornamen yang sama persis.

Kami kadang tertawa sendiri ketika seseorang membanggakan majolica import yang merupakan buatan baru bahkan mata telanjang pun dapat mengetahui bahwa lampu tersebut adalah buatan baru dengan rangka yang kasar, porcelain yang masih mulus tanpa bekas pemakaian, dan jelas nya tanpa nomer seri. Mending kami tidak memiliki majolica atau mending pakai lampu baru keluaran ACE Hardware daripada memajang lampu palsu di kediaman atau di galeri kami sendiri. Pada lampu majolica koleksi pribadi kami ini merupakan buatan Austria di era 1890-1900an dan mengadopsi style Secessionist yang teramat sangat kental dan dalam kondisi yang utuh mulus dilengkapi dengan kap lukis warna fired enamel original tua berukuran 30cm dan pada bagian dalam nya terdapat kap lagi dengan motif exactly the same dengan rangka dan kap bagian atasnya! Sungguh luar biasa langka. Minus langes nya yang masih tertinggal pada saat kami angkut ke Malang dari perjalanan kami terakhir ke rumah seorang kolektor yang memiliki kegilaan tersendiri dalam mengoleksi lampu Majolica Original. Pada awalnya lampu ini merupakan lamou gantung seperti lampu majolica lain pada umum nya, tetapi karena ukuran nya yang cuma 30cm kami menggunakan lampu ini dengan pangkon lampu dinding original tua dan hasilnya luar biasa... 

Dengan segala kerendahan hati kami mencoba mengedukasi para kolektor lampu untuk extra berhati2 dalam mengoleksi lampu majolica... mahal itu jelas... tapi jangan sampai beli barang gawan... 99% all fake...

Private collection only!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman