Jumat, 26 September 2014

Lampu Gas NuLite Cabang 2 Louvre Soerabaia










Sebuah lampu gantung gas yang merupakan koleksi ex. Koleksi pribadi kami sendiri ini telah lama menjadi bagian dari galery kami di Malang. Pada saat kami dapatkan lampu ini hanya menggunakan semprong gas saja dan tidak menggunakan kap.
Tetapi kami merasa bahwa penggunaan kap adalah keperluan yang essential bagi lampu ini karena pada dasarnya lampu mewah pada jaman nya ini harus menggunakan kap gas yang sesuai.
Kami memasangkan sepasang kap gas produksi Vianne glass asal Perancis yang bermotifkan art nouveau.
Vianne glass dahulu pada dasarnya merupakan produsen kap reproduksi yang terbaik di dunia dan masih menggunakan technique dan bahan yang sama dengan kap kristal pada jaman era Victorian sebelum ditutup beberapa tahun silam yang membuat kap ini tidaklah berharga murah dan sangat langka. Rangka lampu gas ini masih merupakan rangka original lampu gas produksi NuLite Chicago yang merupakan produsen lampu gas terbesar pada era Art Nouveau yaitu sekitar tahun 1900-1920an.
Di Indonesia lampu ini didistribusikan oleh beberapa toko terkemuka antara lain Joseph Rute, H. Spiegel di Semarang, dan Louvre di Soerabaia.
Kondisi lampu cabang ini masih sangat komplit termasuk tutupan asap original nya dan rantai kuningan yang cukup panjang. Tinggi total lampu ini kira2 170cm termasuk rantai kuningan dan penutup plafond nya dan 85cm tinggi rangka nya saja dengan bentangan 66cm.
Sebuah lampu yang memancarkan aura kemewahan pada jaman era Hindia Belanda karena sebuah fakta bahwa lampu gas pada jaman dahulu hanya dipergunakan oleh kalangan middle up saja yang tinggal di  kota-kota besar dimana saluran Perusahaan Gas Negara tersedia.

Kolektor pieces!
Price : SOLD to Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman