Selasa, 01 Juli 2014

Keris Jalak Tilamsari Udan Mas












Sebagai pencinta dan pemelihara kebudayaan Jawa kuno kami secara pribadi memang tidak pernah memaharkan pusaka koleksi milik kami pribadi.
Adapun demikian pusaka ini adalah pesanan seorang kawan baik kami yang memesan sebuah keris Udan mas dengan tangguh tua. Setelah beberapa waktu kami mencari sebuah keris yang dinanti pun datang dengan kondisi nya yang nyaris sempurna dalam usia nya yang termasuk tangguh madya.
Secara penayuhan kami keris ini ditempa pada saat pemerintahan Prabu Brawijaya III dari kerajaan Majapahit. Dan memang bukan pusaka sembarangan dilihat dari pamor dan keindahan nya.
Pamor pada keris ini ada beberapa tetapi yang paling menonjol adalah Udan mas dan Putri Kinurung. Makna dari pamor Udan mas sendiri adalah diharapkan pemegang keris ini mendapatkan rejeki yang berlimpah ruah.
Dan pamor Putri kinurung sendiri diharapkan bahwa sang pemilik dapat menjadi hemat dan tidak boros dalam penggunaan uang.
Dari rangka keris ini adalah warangka lawas gayaman iras dengan jenis kayu yang sangat cantik. Untuk handle keris ini merupakan tulang ukir lawasan yang merupakan handle bawaan nya.
Segala yang ada di dalam sebuah pusaka merupakan berkah dari Allah dan kami selaku pemelihara dan pelestari kebudayaan Jawa hanya akan memberikan atau memaharkan pusaka apabila kami yakin bahwa pusaka tersebut akan dirawat dan diberikan tempat yang layak.

Termaharkan Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman