Jumat, 06 Juni 2014

Meiji Imari Fish Plate








Mengkoleksi porcelain tua memang menjadi hobby yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian tersendiri yang disebabkan banyak nya barang barang repro yang beredar saat ini.Pada topik kali ini kami akan membahas beberapa perbedaan dari Imari ware yang sangat terkenal di dunia karena keindahan nya. Ada beberapa era dalam penggolongan Imari ware yang dimulai sejak jaman Edo awal yang disebut sebagai Ko Imari, pada jaman Edo, Imari ware mencapai puncak kejayaan nya ketika seluruh bangsa lain di dunia meminati keindahan dari porcelain tersebut. 
Keindahan Arita-Imari ware pada era Edo (sebelum 1868) sangat berbeda dengan pattern yang ada pada era Meiji 1868-1912 dimana pada era Meiji kwalitas porcelain Imari ware mencapai puncaknya dengan dukungan inspirasi para seniman yang bebas berexpresi dengan dibukanya pintu dagang Jepang dengan dunia Barat secara bebas. Adapun perbedaan Imari pada jaman Edo dan Meiji antara lain pada:
1. Kwalitas porcelain pada jaman Edo masih memiliki permukaan yang seperti kulit jeruk sedangkan pada era Meiji kwalitas porcelain nya sudah halus dan licin.
2. Dekorasi pada Imari ware era Meiji memiliki keindahan nya yang lebih beraneka ragam terutama pada tinta nya yang memiliki prada emas berkilau dimana pada Imari ware pada era Edo tinta Prada emas nya tidak berkilau. 
3. Pada pantat ring porcelain pada Edo Imari cenderung lebih tipis ring nya dibanding dengan Imari pada era Meiji. 
Pada perbedaan dan perbandingan diatas kami hanya menyebut 2 era yaitu Edo dan Meiji yang memang sangat collectible di dunia seperti piring ikan yang 1 ini merupakan piring ikan Imari dari jaman Meiji bukan Edo dan jelas BUKAN dari era Taisho ataupun era Imari2 an buatan China yang banyak beredar saat ini di Indonesia. Perkiraan pembuatan piring ikan ini adalah sekitar tahun 1910-1912 atau akhir Meiji era dengan kwalitas pocelain dan dekorasi yang sempurna tanpa cela dan merupakan sebuah item yang sangat collectible di dunia. Ukuran piring ikan ini adalah panjang 40.5cm lebar 27.5cm dan tinggi 4.5cm. Sebuah mahakarya seniman era Meiji yang luar biasa. Sangat layak untuk dikoleksi!!!

Price : BOOKED

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman