Kamis, 21 Desember 2017

Pair of French early PV Jumbo moulded blown glass vase ca 1880s top rarity


Sepasang vas yang sangat indah dan merupakan pasangan yang super langka ini merupakan hasil dari hunting kami yang terakhir di Jawa Tengah. Dari kerabat sebuah trah di Jawa Tengah kami berhasil mengakuisisi sepasang vas ini dan dari awal kami curiga asal usul nya karena kehalusan garap dan kelentikan vas ini.

Menurut kami vas ini dibuat di Perancis era 1880 an awal Portieux Vallerysthal dan memang dibuat ulang pada era 1930an oleh PV namun amat sangat berbeda... untuk pembuatan ke 2 tersebut vas sudah tebal dan berat serta tidak tembus cahaya. Sedangkan pada vas kami ini sangat tipiiisss sekali dan jelas tembus cahaya serta kelentikan garap nya memang luar biasa indah.

Perbedaan ke 3 adalah pada produksi ke 2 PV era 1930an warna yg keluar adalah biru ngejreng dan hijau ngejreng bukan warna telur asin serta terakhir pada pembuatan ke 2 tiupan nya serta jenis kristalnya sudah amat sangat berbeda dengan ini yang masih cekung pada bagian pantat vas dan warna nya pun sembur tidak rata.

Pakem cetakan nya pun berbeda model dan ukuran nya juga berbeda pada era 1930an tidak ada yang sebesar 31cm maximal hanya 11 inch yaitu 27.5cm. 
Memang jenis kristal se fine ini sudah amat susah apalagi dalam kondisi perfect pair dan 100% utuh mulus tanpa cacat meski bagian dalam nya sedikit kotor tidak bisa lagi kami bersihkan karena terlalu tua.

Dengan keindahan dan kelentikan nya vas ini membuat sangat layak untuk dikoleksi kami sendiri apalagi kami dapatkan set beserta tempat buah nya yang warna nya memang merupakan warna khusus trah tersebut di Jawa Tengah.

Perfect pair collection...

Private collection only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman