Jumat, 05 Februari 2016

Japanese Arita Kraak style porcelain dish late 17th century 36cm diameter

Kraak style porcelain pada dasar nya merupakan porcelain export china di dynasty Ming di era pemerintahan kaisar Wanli dan dalam kenyataan nya export komoditas porcelain ini mendapatkan respons yang luar biasa di seluruh dunia baik di Eropa maupun di Asia Tenggara. 

Kemudian pada akhir abad ke 17 disaat pemerintahan kekaisaran Ming mengalami kemunduran karena perang dengan berbagai pihak, pihak firma dagang VOC yang pada saat itu merupakan firma dagang terbesar di dunia mengalihkan perhatian mereka pada Jepang dan mulai memproduksi porcelain Kraak porcelain di Arita kiln di Jepang.  



Ada beberapa pabrikan besar yang saat itu memang khusus melayani export porcelain Jepang ini melalui port of Imari dan porcelain biru putih ini pun menyebar ke daerah2 tertentu di Asia Tenggara dan Eropa.  

Perbedaan daripada Ming Kraak porcelain dan Arita kiln kraak porcelain terletak pada quality porcelain nya dimana porcelain Kraak ming era memang lebih tipis dan lebih fragile dan pada bagian pantat nya rata2 terdapat pasir kasar. Sedangkan kraak Arita porcelain lebih halus dan jauh lebih langka keberadaan nya karena cuma diproduksi mulai th 1670-1690an.



Diameter piring koleksi kami ini adalah 36cm dan dalam kondisi mulus 100% memang quality dari porcelain Jepang di era early Edo masih semi matang pada pembakaran nya sehingga terkesan semi Aardewerk padahal pembuatan nya menggunakan kiln dan hanya pembakaran nya saja yang kurang panas mungkin tidak mencapai suhu 1200°c sehingga beberapa glasir permukaan nya ada berapa garis2 tetapi bukan pecah seribu... hanya glazir nya saja.  






Keberadaan porcelain era ini memang sangat langka dan kami tampilkan juga example dari Sotheby catalogue 1974 di bawah sebagai perbandingan. 



Private Collection Only!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman