Kamis, 28 Mei 2020

Sepasang Gebyok Prodo Gincu ukiran Super Ngrawit Modang Lung Lung an Khas Soerakartan Ndaleman ex. Ndalem Pangeranan era Sinuhun Kaping X ca. 1890s period



Salah satu mahakarya dari puncak kejayaan Kasunanan Soerakarta yang berhasil kami selamatkan dan kami boyong ke Malang.



Gebyok dengan level ini jelas sulit sekali ditemukan saat ini.


Pada masa itu pun gebyok ini hanya dibuat sesuai dengan jumlah Ndalem Pangeran yang ada milik Putro Ndalem Kaping X.


Yang membedakan nya selain warna adalah motif ukiran Modang yang ada di pintu gebyok yang hanya diperbolehkan untuk para Putro Ndalem bahkan Wayah (cucu) Ndalem pun tidak boleh menggunakan ukiran yang sama.


Selain itu garap nya yang super haluuuuuusssss sekali dan sama sekali tidak ada titik kasar nya.
Dan apabila mencari titik sulit jelas seluruh ukiran gebyok ini full titik sulit yang harus dijalani dengan puasa dahulu.




Ukiran pintu gebyok ini seperti motif pada jarik dan luar biasa indah nya.


Ukiran pada cunduk plong dan super haluuuuussss sekali tanpa ada cela dan terbuat dari 1 papan blok untuk ke 6 bagian.




Gebyok Ndaleman tidak mengenal pecokan untuk yang kurang paham, sejak tahum 1700 saja seluruh kayu2 an Ndaleman sudah halus dan menggunakan peralatan canggih dari Eropa dan tidak mengenal kata pecokan... (kuwi gebyok ndeso)


Pada gebyok ini keseluruhan warna gincu masih original dan ada beberapa bagian baret yang akan kami bersihkan dan Insya Allah kembali sempurna.



Kayu2 jati nya utuh tuh dan tanpa cela sama sekali serta 0 rayap 100%.


Sesuatu yang seperti ini adalah sebuah warisan Budaya Nagari Soerakarta Hadiningrat yang wajib untuk dilindungi dari keluar nya barang2 ini ke luar negeri.


Beruntung kami sekeluarga di Malang beserta beberapa kolektor trah Mataram yang juga melestarikan barang2 ini di Kediaman mereka masing2 melalui seleksi kami pribadi.


Ukuran dari masing2 gebyok ini adalah 285cm tinggi dan 248cm lebar dan pada aslinya menempel pada dinding Ndalem Pangeranan yang saat ini dipugar dan beruntung nya seluruh barang2 nya berhasil kami selamatkan ke Malang.


Warisan Budaya Nagari Soerakarta Hadiningrat...

SOLD...

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman