Rabu, 29 November 2017

Authentic - Very early Federal Hall Lantern ca. Mid 18th century


Sebuah lampu yang bukan saja tua dan super duper langka tapi juga menjadi legenda di antara kolektor antikan tua di Nusantara (yang original tua)...

Dikenal di Nusantara sebagai lampu Astrolop / Hundis Lamp namun pada dasarnya nama yang pakem adalah Federal Hall Lantern dimana biasa dipergunakan di gedung2 pemerintahan era VOC dan khusus dipesan dari berbagai negara di Eropa pada saat itu termasuk French, Dutch, British dan Ottoman Empire untuk dijadikan bahan trade dengan rempah2 dan kekayaan alam di Nusantara di era Kompeni, oleh karena itu salah satu lampu iconic Kompeni adalah Astrolop Tua.

Perbedaan antara edisi pembuatan era 18th century dan 19th century atau 20th century Lampu ini ada pada ketebalan kristal dan material nya dimana pada lampu yang berusia 250th ini bahan nya terbuat dari kristal tebal 1cm dan berat hampir 5kg padahal dimensi nya termasuk tidak terlalu besar dan malah ideal sekali dipergunakan sebagai lampu dinding untuk saat ini.

Lampu ini sungguh luar biasa langka dan mungkin yang tersisa hanya tidak sampai 20 unit yang full set original di Indonesia dan beruntung kami berhasil memperoleh nya dan kami akan gunakan sendiri di kamar tidur kami di rumah. 


Dengan tinggi total 90cm diameter atas 16cm perut 20cm dan tinggi astrolop 32cm serta kelengkapan all masih original nya dan telah kami beri aliran listrik dan kami beri lilin supaya tetap seperti sedia kala namun masih dapat dipergunakan harian juga.

Super rare collection piece...

Private Collection Only!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman