Sabtu, 24 Mei 2014

Japanese Satsuma Kiriko Glass Vase









Salah satu jenis kristal yang paling langka di dunia adalah Satsuma Glass yang berasal dari Jepang di masa keemasan nya di akhir Edo period. Perkembangan pembuatan gelas dan kristal di Asia dimulai di Jepang dan di China pada pertengahan abad ke 19. Pembuatan gelas di China dimulai oleh bangsa Perancis yang melahirkan The World Famous Peking Glass yang hanya dibuat di The Forbidden City untuk kalangan ningrat saja. 
Sedangkan pembuatan gelas di Jepang dimulai oleh bangsa Inggris yang melahirkan Satsuma Cut Glass sekitar tahun 1840an dan hanya berlangsung selama kurang dari 20th saja. Oleh karena itu original Satsuma Glass memang sangat berharga dan langka. Yang membedakan Satsuma Kiriko Cut Glass dengan Cut Glass dari Eropa adalah bentuk cuttingannya yang bernuansa tradisional Jepang. Dan cuttingan nya yang masih sangat tradisional. 
Adapun koleksi kami ini kami akuisisi 7th yang lalu dari seorang kolektor kristal kawakan di Indonesia dan memang merupakan salah satu masterpiece kami. Berbentuk vas yang tidak umum untuk ukuran vas Eropa dan cuttingannya yang luar biasa halus dan tidak simetris serta kandungan leadnya yang membuat vas ini termasuk dalam kategori kristal wahid. Technique pembuatan Satsuma Glass ini memang telah punah selama 100th sebelum repronya dibuat kembali saat ini di Jepang. Ukuran vas kami ini tinggi 14cm, diameter 20cm dan diameter base 12.5cm.

Private Collection



0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman