Minggu, 23 Juli 2017

The Sun Vapors wall gas light ca. 1900s top rarity (lampu gas dinding full original ca. 1900)


Sudah cukup lama kami tidak mendapatkan lampu dinding gas yang istimewa dan full original... karena memang jumlah keberadaan nya saat itu pun cukup minim dan tidak sebanyak lampu dinding minyak ataupun lampu dinding listrik.


Periode lampu gas di Indonesia pada era kolonial memang terbatas peredaran nya di tahun 1910-1930an dan limited di kota2 besar saja. Meski pada kenyataan nya di Eropa dan America produksi dan penggunaan lampu gas sudah bekembang pesat di era akhir Victorian.



Lampu dinding ini merupakan buatan The Sun Vapor Ohio American dan merupakan full original set yang dipatenkan bulan Maret tahun 1897. Semprong yang juga berstempel kan merek Onderling Belang Soerabaia dan kap nya pun original set nya dengan merek Heybrock Opterophane yang mungkin merupakan buatan German di era 1900an.


Kap keriting dan memiliki diameter lebar 20cm ini merupakan kap yang super langka dan bias cahaya nya luar biasa indah apabila menyala. Dan waktu kami dapatkan memang original set dengan semprong dan rangka nya.



Rangka ini memiliki panjang total 60cm dan bentangan total 28cm yang sudah kami aliri listrik serapih mungkin standard International dan sengaja tidak kami cuci bersih untuk menunjukan patina asli nya.



Tercantum di bawah ini adalah pakem dan katalog dari lampu dinding ini yang kami dapatkan dari salah satu kawan kami setelah kami mengakuisi lampu ini.


Set original bawaan lahir memang sangat sulit untuk didapatkan saat ini dan sudah wajar apabila diperebutkan oleh para kolektor Nasional saat ini.

Catalogue


Price call/bbm...

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Laman