Jumat, 11 Juli 2014

Keris Kidang Mas Tangguh Sepuh Kadiri/Daha











Seperti yang kami deskripsikan sejak awal bahwa kami sebagai pelestari kebudayaan Jawa tidak pernah menjual atau memaharkan pusaka milik kami sendiri. Adapun pusaka diatas ini adalah pesanan seorsng kawan baik yang memesan sebuah keris Kidang Mas dengan tangguh sepuh, tak berapa lama sebuah keris tangguh Kadiri/Daha awal inipun muncul dalam radar kami. Maka kami yakin bahwa pusaka ini memang datang sesuai jodoh kawan baik kami yang memesan nya.
Berdasarkan tayuhan kami dan rekan spiritual kami, keris ini merupakan keris Kidang mas yang merupakan tangguh sepuh dan dibuat pada era pemerintahan Sri Brameswari bahkan sempat merupakan keris ageman beliau. Kidang mas merupakan dapur yang cukup langka dan memang hanya merupakan ageman para raja  dan ningrat atas saja. Sesuai dengan dapur nya yang berbentuk simple tetapi sangat cantik dengan luk 9.
Pamor pada keris ini merupakan pamor akhodiyat meteorit yang cukup langka dengan pamor wengkon isen wos wutah, tunggak semi, pamor rante dan sebuah pamor primitif yang tidak dapat diidentifikasi kan lagi. Proses pembuatan keris ini dibuat full dengan proses pejetan tangan sang empu sehingga mempunyai luk ganda. Dengan handle kayu timoho pelet lawasan dan warangka yang belum sempat kami bersihkan.
Adapun demikian, pusaka ini datang ke kami pada hari kamis malam Jumat Legi yang diharapkan memang membawa berkah bagi sang pemilik pusaka.
Segala tentang berkah dalam pusaka adalah berkah dari Allah YME bagi umat nya.

Termaharkan Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Berlangganan Email

Total Tayangan Halaman